Bubuk Kopi Untuk Perawatan Kulit

Perawatan kulit wanita menggunakan kopi bubuk

Saya suka sekali minum kopi. Black without sugar. Ternyata selain bikin kecanduan enak untuk diminum, kopi punya banyak manfaat untuk kecantikan lho.

Kopi mengandung zat-zat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas  dan dapat mengurangi resiko kanker kulit. Kopi juga dapat mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, membuat kulit menjadi lembut dan lebih cerah. Makanya belakangan ini banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan utamanya. Terlebih lagi produk anti penuaan dan anti selulit. 

BACA JUGA: 5 Resep Mudah Kopi ala Kafe

Banyak peminum kopi tidak menyadari bahwa bubuk kopi yang biasa diminum mengandung anti-oksidan dan senyawa-senyawa bermanfaat yang sama digunakan dalam produk perawatan kulit mewah. Bubuk kopi bekas sayang sekali kalau disia-siakan. Biasanya setelah minum kopi, ampas kopinya saya bikin menjadi scrub. Cara bikinnya mudah sekali dan hasilnya langsung kelihatan setelah sekali pakai. Kulit jadi halus dan lebih moist. Asik kan? Setelah high on caffeine, kita bisa punya kulit sehat at no cost.

Ada beberapa resep mudah yang dapat dibuat sendiri di rumah, silahkan di coba dan sesuaikan dengan kondisi kulit. 

1. Masker kopi, kunyit dan yogurt

Masker ini cocok untuk kulit berminyak dan kulit yang mudah berjerawat. Kunyit bekerja sebagai anti bakteri dan mengurangi bekas jerawat. Yogurt mengurangi minyak berlebih serta melembabkan kulit. Sedangkan kopi mengurangi peradangan dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Bahan-bahan:

2 sendok makan kopi bubuk 

2 sendok makan plain yogurt

1/2 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat dan pemakaian:

Campur semua bahan-bahan, sehingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 10 menit.

Dapat digunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Masker kopi dan lemon

Cocok sekali untuk kulit berminyak karena lemon selain kaya akan vitamin C juga membersihkan kulit dari sebum yang berlebihan. Masker ini akan membuat kulit bersih dan glowing.

Bahan-bahan:

1 sendok makan kopi bubuk

1 sendok makan air perasan lemon

Cara membuat dan pemakaian:

Campur kedua bahan sehingga kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dan gunakan pelembab.

Gunakan masker ini seminggu sekali.

3. Scrub kopi, coklat, minyak kelapa dan madu

Scrub wajah yang kaya akan antioksidan ini dapat membuat kulit terlihat awet muda. Cocok untuk semua kulit tapi hindari penggunaan jika kulit sedang berjerawat.

Bahan-bahan:

1 sendok makan kopi bubuk

1 sendok makan bubuk coklat

1 sendok makan minyak kelapa

1 sendok makan madu

Cara membuat dan pemakaian:

Campur semua bahan sehingga merata lalu gosok perlahan di kulit wajah yang sudah bersih. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Gunakan 1 atau 2 kali seminggu.

- Artikel diperbaharui 28 Juni 2021

Sumber resep: 

https://www.urbancompany.com/

https://www.bebeautiful.in/

Image by Coffee photo created by wayhomestudio - www.freepik.com


0 comments